7 Fakta Terbaru di balik Pecahnya Konflik Irak dan Israel

×

7 Fakta Terbaru di balik Pecahnya Konflik Irak dan Israel

Bagikan berita
7 Fakta Terbaru di balik Pecahnya Konflik Irak dan Israel. (Foto : Dok. Istimewa)
7 Fakta Terbaru di balik Pecahnya Konflik Irak dan Israel. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM – Dunia dikejutkan dengan eskalasi konflik antara Iran dan Israel yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Dilansir dari detik.com, inilah fakta-fakta penting dibalik peperangan antara Irak dan Israel :

1. Penyebab Utama: Serangan di Damaskus

Pada 1 April 2024, Israel melancarkan serangan di Damaskus yang menewaskan 16 orang, termasuk dua jenderal Iran, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan Brigadir Jenderal Mohammad Hadi Haji Rahimi.

Serangan ini diduga sebagai aksi balasan Israel terhadap aktivitas Iran di Suriah, meski Israel tidak secara langsung mengonfirmasi tuduhan tersebut.

2. Serangan Balasan Iran

Sebagai reaksi terhadap serangan di Damaskus, Iran melancarkan serangan balasan pada 13 April 2024. Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) mengerahkan ratusan drone dan rudal menuju Israel.

Tidak hanya Iran, tetapi juga sekutu-sekutunya di Yaman, Irak, dan Lebanon turut terlibat dalam serangan ini.

3. Reaksi Dewan Keamanan PBB

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) segera menjadwalkan rapat darurat untuk membahas krisis ini setelah Israel meminta PBB mengecam tindakan Iran dan menetapkan Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris.

Rapat ini direncanakan berlangsung pada hari Minggu waktu setempat.

4. Dampak Serangan Iran

Juru Bicara Militer Israel, Daniel Hagari, melaporkan bahwa dari 200 proyektil yang diluncurkan oleh Iran, sebagian besar berhasil diintersep. Serangan ini mengakibatkan kerusakan kecil di fasilitas militer Israel serta melukai seorang gadis kecil, namun tidak menimbulkan korban jiwa lainnya.

5. Pernyataan Iran

Iran mengklaim bahwa serangan balasannya telah mengenai target dengan tepat, khususnya Pangkalan Udara Nevatim. Pangkalan ini dianggap sebagai tempat peluncuran serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus.

Editor : Fiyume
Sumber : detik.com
Bagikan

Berita Terkait
Terkini