Harga Jual Bitcoin Rontok Parah, Bagaimana Nasib Trader Kripto?

×

Harga Jual Bitcoin Rontok Parah, Bagaimana Nasib Trader Kripto?

Bagikan berita
Harga Jual Bitcoin Rontok Parah, Bagaimana Nasib Trader Kripto? (Foto : Dok. Istimewa)
Harga Jual Bitcoin Rontok Parah, Bagaimana Nasib Trader Kripto? (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Belum lama ini, tepatnya 5 Agustus lalu, pasar kripto mengalami fluktuasi besar-besaran, yang menyebabkan anjloknya harga Bitcoin, hankan samapi turun hingga 10%.

Diperkirakan harga Bitcoin yang awalnya 58.350 USD, turun ke harga 52.530 USD, kemudian saat dilansir dari coinvetasi.com, harga Bitcoin sempat mengalami peningkatan menjadi 52.500 Dolar, namun penurunan harga bitcoin tetap dinilai tinggi yaitu mencapai 11% dalam 24 jam terakhir.

Menurut coinvestasi.com, penurunan yang mendadak ini, juga sekaligus kali pertama Bitcoin diperdagangkan dengan harga dibawah 55.000 USD, sejak Februari.

Demikian pula, Ether juga mengalami penurunan, bahkan turun ke level terendah yaitu 21%, sehingga harga Ether hanya berada di angka 2.271 USD saja.

Menurut Coin Glass, sebanyak lebih dari 200 ribu trader mengalami likuidasi, dengan total nilai kumulatif lebih dari 800 Juta USD, atau jika dirupiahkan, kerugian akibat likuidasi ini setara dengan 12,8 Triliun rupiah, dengan 90% aset berada di posisi long.

Kenapa Harga Bitcoin Anjlok?

Bagi Sobat yang sudah lama bergelut di dunia trading, mungkin mengetahui bahwa salah satu hal yang menjadi penyebab anjloknya harga pasar Bitcoin adalah, ketegangan geopolitik.

Menurut analis kripto, Momen pemilihan umum di AS, fluktuasi suku bunga, serta ketegangan geopolitik yang tengah terjadi di Timur Tengah, juga menjadi penyebab volatilitas pasar kripto.

Dilansir dari Decrypt, Rich Rosenblum, salah satu pendiri perusahaan perdagangan GSR, menyatakan bahwa faktor-faktor tersebut secara kolektif telah menyebabkan lonjakan likuidasi pasar. (Coinvestasi.com).

'Jika terjadi keruntuhan makro, ataupu geopolitik, kejadian ini mirip dengan kejadian Maret 2020, kita tentu cenderung melihat kripto yang menanggung bebannya, karena ini juga buka sebuah permainan yang mendapatkan minat tinggi dari sebagian besar 'turis' yang telah memasuki pasar bursa tahun lalu' KataRich, seperti dikutip dari coinvestasi.com

Peluang Jula Beli Kripto Bitcoin

Menurut Ryan McMillin, selaku kepada investasi Merkle Tree Capital, menemukan potensi pembelian yang potensial, ia juga mencatat bahwa harga bitcoin saat ini dapat disimpulkan berada di titik terendah, dalam kurun waktu lima bulannya, namun dapat menghadirkan momen pembelian yang menguntungkan.

Editor : Fiyume
Sumber : Coinvestasi.com
Bagikan

Berita Terkait
Terkini