Momentum HJK Padang ke-355: Gagas Masa Depan dengan Blue Economy dan Green Economy

×

Momentum HJK Padang ke-355: Gagas Masa Depan dengan Blue Economy dan Green Economy

Bagikan berita
Momentum HJK Padang ke-355 Gagas Masa Depan dengan Blue Economy dan Green Economy
Momentum HJK Padang ke-355 Gagas Masa Depan dengan Blue Economy dan Green Economy

KONGKRIT.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar menghadiri rapat paripurna istimewa peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang.

Acara tersebut berlangsung di ruang sidang utama DPRD Kota Padang di Jalan Bagindo Aziz Chan, Bypass Sungai Sapih, pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani, membuka rapat tersebut didampingi oleh Wakil Ketua dan Sekretaris Dewan.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah beserta jajaran, seluruh anggota DPRD Kota Padang, dan Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar.

Selain itu, Ketua TP-PKK Kota Padang, Forkopimda, Bupati/Wali Kota se-Sumatera Barat, Camat, Lurah se-Kota Padang, OPD, mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang, serta tamu undangan lainnya turut hadir.

Diketahui, Hari Jadi Kota Padang yang diperingati sejak 355 tahun lalu, adalah momen mengenang peristiwa heroik di mana masyarakat setempat menunjukkan bahwa pribumi merupakan pemilik sah negeri ini.

Peristiwa tersebut ditandai dengan penyerangan dan pembakaran loji-loji, gudang, dan benteng Belanda oleh pasukan Berbangso Taji dari Pauh, Koto Tangah pada 7 Agustus 1669, dan serangan kedua pada tahun 1880. Penyerangan ini menyebabkan korban di kedua pihak dan kerugian besar bagi Belanda.

Atas peristiwa inilah, setiap tanggal 7 Agustus diperingati sebagai Hari Jadi Kota Padang.

Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani, menyatakan bahwa Kota Padang, sebagai Ibu Kota Provinsi Sumbar, merupakan pusat pendidikan, perdagangan, budaya, pariwisata, dan usaha rintisan.

Hal ini memerlukan pemimpin yang berwawasan global, kreatif, dan inovatif.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini