Update Seleksi CPNS dan P3K 2024, Alur dan Jadwal terbaru

×

Update Seleksi CPNS dan P3K 2024, Alur dan Jadwal terbaru

Bagikan berita
Update Seleksi CPNS dan P3K 2024, Alur dan Jadwal terbaru. (Foto : Dok. Istimewa)
Update Seleksi CPNS dan P3K 2024, Alur dan Jadwal terbaru. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah merilis sejumlah Keputusan Menteri dan Peraturan Menteri terkait pendaftaran serta mekanisme seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2024. Berbagai aturan tersebut menjadi panduan bagi calon peserta dalam menghadapi seleksi tahun ini.

Dalam pengumuman terbaru, alur pengadaan CASN 2024 telah ditetapkan dan akan digunakan baik untuk seleksi CPNS maupun P3K.

Alur ini dimulai dari proses rincian formasi yang dilakukan oleh instansi pemerintah melalui Sistem Informasi ASN (SIASN) Perencanaan. Proses ini sudah dilakukan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah.

Tahapan selanjutnya adalah verifikasi dan penetapan usulan rincian formasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kemenpan RB, yang kemudian akan diumumkan secara resmi.

Setelah pengumuman ini, pendaftaran seleksi CPNS dan P3K 2024 akan dibuka melalui portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id. Calon peserta diharuskan membuat akun baru meskipun telah memiliki akun dari seleksi sebelumnya.

Pada tahap pendaftaran, data kependudukan peserta akan divalidasi dengan Dukcapil. Setelah lolos verifikasi, peserta akan mengikuti seleksi administrasi yang dilakukan oleh masing-masing instansi pemerintah.

Peserta yang lolos administrasi kemudian akan mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk CPNS, serta seleksi kompetensi untuk P3K.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi

Berdasarkan skenario yang dirilis, pendaftaran CPNS dan P3K 2024 diperkirakan akan dimulai pada pekan ketiga Agustus 2024, kemungkinan besar pada tanggal 15 atau 16 Agustus. Pendaftaran akan berlangsung hingga pekan kedua September 2024.

Setelah pendaftaran, seleksi administrasi akan dilakukan dan dilanjutkan dengan ujian SKD CPNS pada pekan kedua Oktober hingga pekan kedua November 2024.

Pengumuman hasil SKD akan dilakukan pada pekan kedua November 2024, diikuti dengan pelaksanaan SKB pada pekan ketiga November hingga pekan ketiga Desember 2024.

Editor : Fiyume
Sumber : YouTube Calon Guru
Bagikan

Berita Terkait
Terkini