Pj Wali Kota Pariaman Resmi Buka Jambore Cabang Kota Pariaman 2024

×

Pj Wali Kota Pariaman Resmi Buka Jambore Cabang Kota Pariaman 2024

Bagikan berita
Pj Wali Kota Pariaman Resmi Buka Jambore Cabang Kota Pariaman 2024
Pj Wali Kota Pariaman Resmi Buka Jambore Cabang Kota Pariaman 2024

KONGKRIT.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, secara resmi membuka Jambore Cabang Kota Pariaman Tahun 2024 tingkat penggalang yang digelar di Bumi Perkemahan Taman Ayunan Pantai Kata, Kota Pariaman, pada Sabtu, 3 Agustus 2024.

Dalam pidatonya, Roberia menekankan pentingnya peran Pramuka dalam membentuk pemuda yang kreatif dan produktif.

"Pramuka adalah wadah bagi pemuda untuk berkreasi dan berkarya. Dalam organisasi Pramuka, kita diajarkan keberanian, ketangguhan, dan kesiapan menghadapi alam bebas," ujar Roberia.

Jambore Cabang Kota Pariaman 2024 ini berlangsung dari 2 hingga 4 Agustus 2024, dengan peserta berusia 11 hingga 15 tahun.

Selain menjadi ajang pertemuan, acara ini juga berfungsi sebagai seleksi untuk peserta Jambore Daerah Tahun 2024.

"Di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kita harus tetap menjadi pemuda yang tangguh, berkepribadian luhur, hidup rukun, kompak, serta selalu menjunjung kesatuan dan persatuan. Jangan sampai seragam Pramuka membuat kita menjadi sombong, tetap rendah hati dan menyatu dengan lingkungan sekitar," tambahnya.

Roberia juga merujuk pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang gerakan Pramuka, yang tidak hanya ditujukan untuk anggota Pramuka, tetapi juga untuk semua pemuda yang ingin berkarya.

Gerakan ini bertujuan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, patriotik, taat hukum, disiplin, serta memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa yang menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup.

"Ikuti jambore ini hingga selesai dan patuhi semua aturan yang ada. Jambore ini bertujuan untuk mendidik adik-adik Siaga dan Penggalang menjadi pramuka yang rajin, terampil, dan gembira. Kami berharap kegiatan Jambore Cabang ini dapat membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka," jelas Roberia.

Pembukaan jambore ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Roberia kepada perwakilan Pramuka. Setelah itu, Roberia juga mengunjungi dan memeriksa tenda-tenda perkemahan peserta jambore.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini