Festival Siti Nurbaya ke-9 Resmi Dibuka, Pj Wako: Lestarikan Nilai Budaya dan Sejarah di Padang

×

Festival Siti Nurbaya ke-9 Resmi Dibuka, Pj Wako: Lestarikan Nilai Budaya dan Sejarah di Padang

Bagikan berita
Festival Siti Nurbaya ke-9 Resmi Dibuka, Pj Wako  Lestarikan Nilai Budaya dan Sejarah di Padang
Festival Siti Nurbaya ke-9 Resmi Dibuka, Pj Wako Lestarikan Nilai Budaya dan Sejarah di Padang

KONGKRIT.COM - Festival Siti Nurbaya (FSN) ke-9 resmi dibuka sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-355.

Acara ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, di Balai Kota Lama pada Jumat malam, 2 Agustus 2024.

Andree Algamar menjelaskan bahwa tema Hari Ulang Tahun Kota Padang ke-355 adalah "Sinergitas Blue Economy and Green Economy".

Tema ini mengajak partisipasi aktif masyarakat, termasuk komunitas, organisasi masyarakat, pelaku UMKM, seniman, serta pelajar SMA/SMK, SMP, dan taman kanak-kanak se-Kota Padang, untuk memeriahkan perayaan tersebut.

"Salah satu acara yang diadakan adalah Festival Siti Nurbaya. Siti Nurbaya merupakan cerita rakyat dari Ranah Minang. Untuk mengenang dan melestarikan nilai seni dan budaya yang ada, pemerintah kota Padang kembali menggelar acara ini dengan nuansa yang berbeda tahun ini," ujar Andree.

Andree berharap melalui tema tersebut, Kota Padang dapat terus dikenal sebagai kota yang kaya sejarah serta menjaga dan merawat alam.

"FSN ke-9 diharapkan dapat menambah dan menggerakkan roda ekonomi UMKM, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat," tambahnya.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Didi Aryadi, menjelaskan bahwa Festival Siti Nurbaya sebagai Pesta Rakyat bertujuan untuk meningkatkan minat dan daya tarik wisatawan ke Kota Padang.

"Festival ini menjadi media promosi yang meningkatkan nilai budaya dan diwariskan kepada generasi muda kota Padang, serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara," harapnya.

Didi juga merinci rangkaian acara Hari Jadi Kota Padang yang diawali dengan Padang Trail Adventure pada 27 Juli lalu.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini