Jangan Panik! Ini Langkah Bijak Hadapi Ancaman Pinjol

×

Jangan Panik! Ini Langkah Bijak Hadapi Ancaman Pinjol

Bagikan berita
Jangan Panik! Ini Langkah Bijak Hadapi Ancaman Pinjol (Foto : Dok. Kongkrit.com)
Jangan Panik! Ini Langkah Bijak Hadapi Ancaman Pinjol (Foto : Dok. Kongkrit.com)

1. Let It Flow

Biarkan semuanya berlalu, sering kali kita akan merasa tertekan akibat desakan dari debt collector, namunjuga penting untuk diingat bahwa tidak perlu terlalu ambil pusing soal perkataan mereka.

Melakukan penagihan, memanglah tugas dari admin pinjil, tetapi bukan berarti kita membiarkan saja mereka merusak kesehatan mental kita, dengan ancaman-ancaman dan perkataan yang mereka lontarkan.

Jika kondisi ini sudah melewati batas, dan mengakibatkan terganggunya kegiatan sehari-hari, maka Sobat berhak melindungi diri dengan cara mengganti nomor, ketika gangguan atau teror via telefon sudah tidak tertahankan.

2. Pilah Pilih Aplikasi Pinjol

Jika memang Sobat tidak memiliki pilihan lain, atau terpaksa harus melakukan pinjaman online, maka kamu harus pintar-pintar memilah dan memilih aplikasi pinjaman online yang memang sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Banyak yang terjebak siklus gali lubang, tutup lubang dengan melakukan pinjaman ke beberapa aplikasi sekaligus, sehingga hal ini akan menjadi bumerang di masa yang akan datang.

Penting bagi kita untuk menyadari bahwa, mengambil pinjaman baru untuk menutupi pinjaman lama bukanlah solusi yang baik. Bahkan, ini justru tidak sehat untuk keuangan kita.

3. Hadapi Dengan Tenang

Hak dan kewajiban debitur, telah diatur dalam peraturan OJK, dimana selaku konsumen kita berhak mendapatkan perlindungan konsumen, dan kamu juga berhak mendapatkan pencegahan tindakan yang merugikan dari pihak manapun.

Untuk itu, Sobat sangat perlu memahami peraturan yang diterbitkan oleh OJK, sehingga kamu memili kibekal dalam melawan kesewenang-wenangan pihak lain ketika melakukan penagihan yang bersifat merugikan.

4. Pentingnya Dukungan dari Keluarga

Jangan pernah menutupi masalah ini dari pasangan atau keluarga. Keterbukaan dengan orang-orang terdekat akan membuat beban terasa lebih ringan. Terkadang, mereka bisa memberikan dukungan dan solusi yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

5. Sikapi Ancaman dengan Bijak

Jika Sobat menerima ancaman yang berlebihan dari debt collector, ingatlah bahwa mereka hanya mencoba menakut-nakuti saja.

Editor : Fiyume
Sumber : YouTube Solusi Hutang.mb
Bagikan

Berita Terkait
Terkini