Kajari Pasaman Berikan Pengetahuan Tipikor kepada Kepala Sekolah SD dan SMP se Pasaman

×

Kajari Pasaman Berikan Pengetahuan Tipikor kepada Kepala Sekolah SD dan SMP se Pasaman

Bagikan berita
Kajari Pasaman, Sobeng Suradal berfoto bersama dengan kepala sekolah peserta rakor.
Kajari Pasaman, Sobeng Suradal berfoto bersama dengan kepala sekolah peserta rakor.

KONGKRIT.COM - Selama empat hari berturut-turut mulai hari Selasa tanggal 23 Juli - Jumat 26 Juli 2024, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pasaman, Sobeng Suradal, S.H., M.H. bersama Tim Intelijen Kejari Pasaman, menjadi Narasumber dalam Rapat Koordinasi Kepala SD dan SMP se-Kabupaten Pasaman.

Kajari Pasaman Sobeng Suradal menyampaikan materi tentang pengetahuan Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor) dengan Tema "Pemahaman Tindak Pidana Korupsi Dalam Penyelenggaraan Pemerintah dilingkungan Pendidikan (Sekolah)".

Beberapa hal yang ditekankan oleh Sobeng Suradal adalah tentang Pengelolaan Dana BOS yang Transparan dan Akuntabel, tidak ada toleransi bagi Kepala Sekolah yang coba-coba memanipulasi pengelolaan dana BOS, semua harus dikelola sesuai dengan peruntukannya dan ketentuan yang berlaku.

"Kepala Sekolah bukanlah ahlinya dibidang pengelolaan keuangan, untuk itu perlu adanya pendampingan dan arahan agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang dapat menimbulkan kerugian negara dalam pengelolaan keuangan di sekolah. Untuk itu Jajaran Kejaksaan Negeri Pasaman akan selalu mendampingi para Kepala Sekolah dan membuka ruang seluas-luasnya bagi para Kepala Sekolah untuk berkonsultasi apabila ada kendala, hambatan dan permasalahan yang berpotensi menimbulkan masalah hukum dalam pengelolaan keuangan dan semua pelayanan yang diberikan oleh Kejaksaan dalam bentuk apa pun tidak dipungut biaya serupiah-pun alias gratis," ungkapnya.

Sobeng juga mengajak agar para Kepala Sekolah tidak takut apabila ada oknum-oknum tertentu yang mengintimidasi atau menakut-nakuti guna mendapatkan keuntungan pribadi. "Apabila ada oknum dari manapun baik dari Pemerintah, Dinas, LSM, Media yang coba-coba mengintimidasi bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk minta suatu imbalan dalam bentuk apa pun jangan pernah takut, sampaikan ke saya, saya akan lindungi bapak/Ibu dan saya yang akan menjadi lawan pertama para oknum tersebut. Tak terkecuali apabila ada oknum dari aparatur Kejaksaan maka akan saya tindak tegas yang sanksinya bisa dipecat sebagai ASN. Tetapi sebaliknya apabila bapak/Ibu Kepala Sekolah dengan sengaja memanipulasi pengelolaan keuangan BOS dan lain lain, maka kami juga akan menindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku," tegas Sobeng.

Sementara itu, apa yang menjadi Komitmen Kejaksaan Negeri Pasaman ini sangat diapresiasi oleh para Kepala Sekolah, ini sesuatu hal yang baru pertama kali dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Pasaman,

"Kami apresiasi dan kami sambut baik apa yang menjadi komitmen pak Kajari Sobeng Suradal, beliau sosok pemimpin Kejaksaan yang sangat tegas namun Humble dan Humanis," tutur beberapa Kepala Sekolah.

"Setelah mendapatkan arahan dari pak Kajari, Kami para Kepala Sekolah sangat senang dan merasa nyaman dalam melaksanakan tugas, karena Kami merasa ada sosok pelindung dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab (oknum) yang akan mengganggu Kami," Tutur sejumlah Kepala Sekolah yang hadir saat itu.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini