Tim KLHK RI Apresiasi Implementasi Gerakan Peduli Lingkungan di Payakumbuh

×

Tim KLHK RI Apresiasi Implementasi Gerakan Peduli Lingkungan di Payakumbuh

Bagikan berita
Tim KLHK RI Apresiasi Implementasi Gerakan Peduli Lingkungan di Payakumbuh
Tim KLHK RI Apresiasi Implementasi Gerakan Peduli Lingkungan di Payakumbuh

KONGKRIT.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menyambut kedatangan tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Aula Randang Lt. 2 Balai Kota Payakumbuh, Rabu (24/7/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan verifikasi dan validasi lapangan terkait dukungan Pemda dalam implementasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) di Kota Payakumbuh.

"Selamat datang di Payakumbuh, the city of randang. Kami berterima kasih kepada tim dari KLHK RI yang telah meluangkan waktu untuk berkunjung," ucap Sekretaris Daerah, Rida Ananda yang mewakili Pj Wali Kota Payakumbuh dalam sambutannya.

Rida Ananda menjelaskan bahwa GPBLHS telah diterapkan secara intensif di sekolah-sekolah di Payakumbuh sebagai bagian dari komitmen Pemko untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi anak-anak.

"Dukungan kami diwujudkan dalam bentuk kebijakan seperti Perda, Perwako, Instruksi Wali Kota, serta Keputusan Wali Kota yang mendukung pelaksanaan GPBLHS," jelasnya.

Rida menambahkan, kebijakan ini ditindaklanjuti oleh berbagai OPD terkait, termasuk Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Ketahanan Pangan, dan Bagian Kesra Setdako.

"Dengan kegiatan inovatif serta pemantauan dan evaluasi rutin, kami berhasil mencapai 18,25% sekolah Adiwiyata di Payakumbuh," ungkapnya dengan penuh rasa syukur.

Untuk tahun 2024, Kota Payakumbuh mengusulkan empat calon sekolah Adiwiyata nasional dan tiga calon sekolah Adiwiyata provinsi, serta melakukan pembinaan terhadap 16 calon sekolah Adiwiyata kota.

"Dengan komitmen yang solid dari Pemko Payakumbuh, pihak sekolah, dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, kami yakin gerakan ini akan menciptakan perubahan positif bagi lingkungan dan masa depan generasi muda di Payakumbuh," pungkasnya.

Setelah pemaparan, Rida Ananda bersama tim verifikasi dari KLHK RI dan OPD terkait melakukan kunjungan lapangan ke SDN 31 Kota Payakumbuh dan SMPN 9 Kota Payakumbuh.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini