Umur di Atas 30 Tahun Kok Susah Cari Kerja? Ternyata Ini Alasannya

×

Umur di Atas 30 Tahun Kok Susah Cari Kerja? Ternyata Ini Alasannya

Bagikan berita
Umur di Atas 30 Tahun Kok Susah Cari Kerja Ternyata Ini Alasannya. (Foto : Dok. Istimewa)
Umur di Atas 30 Tahun Kok Susah Cari Kerja Ternyata Ini Alasannya. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM -Menurut data.go.id, batasan umur penduduk Indonesia yang dianggap produktif adalah 15-64 tahun. Namun, banyak pertanyaan muncul mengapa di usia 30 tahun ke atas semakin sulit untuk mendapatkan pekerjaan?

Dilansir dari CNBC Indonesia, Kamis 11 Juli 2024, ada beberapa faktor yang membuat pencari kerja yang sudah berusia 30 tahun ke atas merasa putus asa bahkan sebelum memulai mencari pekerjaan.

Kebanyakan lowongan pekerjaan ditujukan kepada mereka yang baru saja lulus dari bangku perkuliahan dengan posisi yang umumnya tidak begitu tinggi.

Bagi Sobat yang saat ini sedang berusaha mencari pekerjaan di usia yang telah menginjak kepala tiga, lebih baik mencoba memfokuskan pencarian di bidang yang Sobat kuasai dan memiliki pengalaman di bidang tersebut.

Cara Daftar Kerja di Usia 30 Tahun Keatas

Dilansir dari Kanal TikTok Vina Muliana, di usia ini kita tidak cukup hanya menyertakan Curriculum Vitae (CV) untuk mengajukan lamaran pekerjaan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Sobat coba:

1. Metode Cold Message

Sobat dapat memanfaatkan relasi yang dimiliki dengan menawarkan diri secara pribadi lewat pesan formal. Metode ini juga bisa dilakukan di web pencari kerja seperti LinkedIn.

2. Tingkatkan Kemampuan

Selagi mencari pekerjaan yang sesuai, Sobat dapat meningkatkan kemampuan di bidang yang sudah pernah Sobat geluti dengan mengikuti berbagai pelatihan online yang menyertakan sertifikat.

Jangan lupa, lakukan mini project untuk menambah pengalaman di portofolio Sobat. Mini project ini bisa menjadi opsi praktis bagi Sobat yang terhalang dana dan waktu untuk mengerjakan project yang sesungguhnya.

Dengan fokus pada bidang yang dikuasai, meningkatkan kemampuan, dan menggunakan metode pendekatan yang tepat, Sobat bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan meskipun usia sudah menginjak 30 tahun ke atas.

Semangat, Sobat!

Editor : Fiyume
Sumber : CNBC Indonesia, TikTok Vina Maulina, Data.go.id
Bagikan

Berita Terkait
Terkini