Heal For Rest: Nikmati Keindahan Eksotis di Desa Wisata Teluk Buo Surga Hijau di Kota Padang

×

Heal For Rest: Nikmati Keindahan Eksotis di Desa Wisata Teluk Buo Surga Hijau di Kota Padang

Bagikan berita
Heal For Rest Nikmati Keindahan Eksotis di Desa Wisata Teluk Buo Surga Hijau di Kota Padang
Heal For Rest Nikmati Keindahan Eksotis di Desa Wisata Teluk Buo Surga Hijau di Kota Padang

KONGKRIT.COM - Kota Padang, yang memiliki keindahan alam yang memukau, terus mengembangkan potensinya sebagai destinasi wisata tujuan.

Salah satu tempat wisata yang menonjol adalah Desa Wisata Teluk Buo, terletak di Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Desa Wisata Teluk Buo memiliki luas area 25,64 km², berjarak 3 kilometer dari kantor kecamatan, 30 kilometer dari Balai Kota, dan 25 kilometer dari Kantor Gubernur.

Selain tu, Desa ini telah berhasil masuk dalam 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 berkat keindahan pantainya yang berpasir putih dan hutan mangrove yang menghijau.

Pantai Teluk Buo, yang tersembunyi di balik batu karang, menawarkan pemandangan menakjubkan dari hamparan pasir putih dan keberagaman hutan mangrove.

Jenis-jenis mangrove seperti Rhizophora apiculata, Sonneratia alba, Avicennia corniculatum, Bruguiera gymnorrhiza, dan Xylocarpus granatum menambah keindahan dan daya tarik ekowisata di kawasan ini.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Yudi Indra Syani, pengembangan Desa Wisata Teluk Buo tidak hanya bertujuan untuk menarik wisatawan, tetapi juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

"Desa Wisata Teluk Buo didukung oleh dua BUMN, yaitu PT Pertamina Integrated Teluk Kabung dan PLN UPK Teluk Sirih, yang berperan dalam pengembangan desa ini," ujarnya.

Selain itu, potensi Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari PLTU Teluk Sirih, yang menghasilkan 200 ton sehari, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat berbagai produk seperti batako.

Hal ini diharapkan dapat menekan angka pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini