Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi JMO

×

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi JMO

Bagikan berita
Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi JMO. (Foto : Dok. Istimewa)
Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi JMO. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Dalam artikel kita kali ini akan membahas cara cek saldo Jaminan Hari Tua (JHT) Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO.

Tahukan Sobat, jika iuran BPJS Ketenagakerjaan yang kita bayarkan setiap bulan akan dikembalikan kepada peserta BPJS apabila kita sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut, atau telah memasuki masa pensiun.

Oleh karena itu sangat penting bagi Sobat untuk mengetahui cara melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan ini, untuk dapat menariknya kemudian.

Langkah-langkah Mengecek Saldo JHT di Aplikasi JMO

Tutorial cara pengecekan saldo ini dilansir dari Kanal YouTube FinTech Xplorer, dalam videonya yang berjudul "Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi JMO | Cara Mengetahui Saldo JHT BPJS tenagakerja" Pada Sabtu 06 Juli 2024.

Inilah langkah-langkah yang dapat Sobat lakukan.

  1. Download dan Buka Aplikasi JMO
  2. Buat Akun di Aplikasi JMO, Sebelum bisa membuka aplikasi ini, sobat harus punya akun dulu.
  3. Setelah masuk, tampilan utamanya seperti ini. Sobat bisa melihat berbagai program layanan seperti Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kecelakaan Kerja.
  4. Pada halaman utama, sobat silakan klik program Jaminan Hari Tua.
  5. Di dalam menu JHT, ada beberapa fitur seperti cek saldo, simulasi klaim JHT, tracking, dan lainnya. Untuk melihat saldo, langsung saja klik "Cek Saldo".
  6. Selanjutnya, akan muncul informasi saldo JHT sobat. Informasi yang ditampilkan meliputi nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek), jumlah saldo, status aktif atau tidak aktif, segmen (penerima upah atau bukan penerima upah), tempat kerja, jumlah upah, serta kapan iuran terakhir dibayarkan.
  7. Jika sobat memiliki beberapa kartu KPJ, bisa mengecek satu per satu. Caranya, klik nomor KPJ yang ingin dicek, kemudian pilih kartu lainnya. Saldo di kartu tersebut akan muncul seperti yang ditunjukkan di layar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sobat bisa mengetahui saldo JHT melalui aplikasi JMO tanpa harus datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : Fiyume
Sumber : YouTube FinTech Xplorer
Bagikan

Berita Terkait
Terkini