Awas Kegocek! Pahami Ini Dulu Sebelum KUR BRI Kamu di Upgrade ke Kupedes atau Kuprak!

×

Awas Kegocek! Pahami Ini Dulu Sebelum KUR BRI Kamu di Upgrade ke Kupedes atau Kuprak!

Bagikan berita
Awas Kegocek! Pahami Ini Dulu Sebelum KUR BRI Kamu di Upgrade ke Kupedes atau Kuprak! (Foto : Dok. YouTube Enr Project Review)
Awas Kegocek! Pahami Ini Dulu Sebelum KUR BRI Kamu di Upgrade ke Kupedes atau Kuprak! (Foto : Dok. YouTube Enr Project Review)

KONGKRIT.COM - Belakangan ini, banyak nasabah KUR BRI mengeluhkan pinjaman mereka dialihkan ke pinjaman Kupedes dan Kuprak.

Hal ini menjadi masalah tersendiri bagi Sobat yang berencana mengajukan pinjaman KUR BRI untuk mendapatkan bunga yang lebih rendah, yaitu bunga subsidi.

Nah Sobat, pengalihan dari KUR BRI ke Kupedes atau Kuprak ini tidak semata-mata terjadi begitu saja.

Menurut narator Kanal YouTube Enr Project Review dalam videonya yang berjudul "Penyebab Pengajuan KUR BRI Dialihkan ke Pinjaman Komersial atau Umum", yang dilansir pada Senin, 01 Juli 2024, permasalahan ini tidak hanya disebabkan oleh habisnya kuota KUR, tapi juga ada alasan lainnya.

Inilah beberapa alasannya:

Sistem SIKP OJK

Sebelum kita menyelam lebih jauh tentang SIKP OJK, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu tujuan dari SIKP OJK ini.

Sobat, SIKP ini merupakan basis data ultra mikro, kecil, dan menengah atau UMKM yang nantinya akan dijadikan rujukan oleh pihak bank untuk penyaluran kredit yang efektif dan tepat sasaran.

Selain itu, sistem SIKP ini juga dapat membantu bank dalam melakukan penyaluran KUR dengan menentukan kriteria nasabah yang sesuai dengan kriteria penerima subsidi bunga kredit, sehingga risiko kegagalan pembayaran subsidi bunga dari pemerintah kepada bank penyalur dapat diminimalisir.

Alasan Pengajuan KUR BRI Dialihkan ke Pinjaman Umum

Berdasarkan sumber YouTube Enr Project Review, ada beberapa alasan yang menyebabkan pengajuan KUR BRI dialihkan ke pinjaman komersial, yaitu:

1. Calon Nasabah Sedang Terlibat Pinjaman Lain

Yang dimaksud pinjaman lain di sini adalah kredit modal kerja atau investasi di Bank BRI ataupun bank lain.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : YouTube Enr Project Review
Bagikan

Berita Terkait
Terkini