Dukung Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Inpektorat Mentawai Terapkan Konsep "MENYAPA"

×

Dukung Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Inpektorat Mentawai Terapkan Konsep "MENYAPA"

Bagikan berita
Inspektur Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serieli BW, SH.
Inspektur Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serieli BW, SH.

KONGKRIT.COM - Gagasan dan terobosan baru selalu muncul dalam pemikiran seorang yang ulet, rajin, santun dan punya integrasi serta loyal pada pimpinan. Dia adalah seorang pengawas dalam lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Propinsi Sumatera Barat. Sekalipun dirinya seorang pengawas di lingkungan ASN yang cukup disegani, namun dalam kehidupan sehari- hari khususnya dalam lingkungan Inspektorat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serieli BW, SH selaku Inspektur nampak terlihat ramah, mudah senyum dan santun terhadap stafnya didalam memberikan arahan dan masukan guna melaksanakan suatu pekerjaan, khususnya kemajuan pembangunan daerah.

"Inspektorat "MENYAPA" merupakan salah satu inovasi pada Inspektorat Daerah dalam bidang tata kelola pemerintahan. Dan ini merupakan target reformasi birokrasi agar terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik," ujar Serieli BW, SH, dikantornya, Jumat (28/6/2024).

Menurutnya, untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut diperlukan sistem pemerintahan yang tertata dan terkelola dengan baik dan juga dibutuhkan peran serta semua pihak, termasuk masyarakat diberi ruang dan waktu untuk menyampaikan aspirasi, masukan dan kritikan yang diperlukan oleh penyelenggara pemerintahan dalam rangka menuju perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, terbuka juga bebas melayani.

"Diera digitalisasi saat ini, peran sosial media sangat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah di berbagai bidang. Dengan media sosial setiap orang dapat menyampaikan aspirasi, pendapat kritikan tanpa adanya batas.Oleh karena itu, komunikasi antara penyelenggara pemerintahan dengan stakeholder, termasuk masyarakat perlu dibangun, dan tetap berlandaskan pada kebebasan mengeluarkan pendapat, namun juga harus dapat dipertanggungjawabkan," sebutnya.

Melalui Inspektorat Menyapa, tambah Serieli BW, SH setidaknya akan mengubah konsep pengawasan yang selama ini "MEMANGGIL" kini menjadi "MENYAPA."

M : Mendengar persoalan keluhan serta saran dalam penyelenggaraan pemerintahan.

E : Elaboratif untuk memahami inti persoalan.

N : Naratif yang persuasif dan humanis.

Y : Yakin dalam bertindak berlandaskan integritas dan kompetensi.

A : Akuntabel dalam menyelesaikan persoalan.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini