Minggu Terakhir Bulan Juni, Padang Bagoro Kembali Digelar: Merdeka dari Sampah-Perangi TPS Liar

×

Minggu Terakhir Bulan Juni, Padang Bagoro Kembali Digelar: Merdeka dari Sampah-Perangi TPS Liar

Bagikan berita
Minggu Terakhir Bulan Juni, Padang Bagoro Kembali Digelar Merdeka dari Sampah-Perangi TPS Liar
Minggu Terakhir Bulan Juni, Padang Bagoro Kembali Digelar Merdeka dari Sampah-Perangi TPS Liar

KONGKRIT.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan kembali melaksanakan program Padang Bagoro di minggu terakhir bulan Juni 2024.

Warga diimbau untuk membersihkan pekarangan rumah masing-masing sebagai bagian dari program ini.

"Pelaksanaan Padang Bagoro akan diadakan pada 30 Juni 2024. Tema yang diangkat adalah 'Merdeka dari Sampah-Perangi TPS Liar di Sekitar Kita'," kata Syafrizal Syair, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, pada Jumat 28 Juni 2024, dikutip dari laman diskominfo Kota Padang.

Masalah tempat pembuangan sampah (TPS) liar yang tersebar di berbagai wilayah Kota Padang menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Program Padang Bagoro pada bulan Juni 2024 ini diharapkan dapat menertibkan serta mengurangi jumlah TPS liar yang saat ini bermunculan.

Berdasarkan data DLH Kota Padang, hingga awal Juni 2024, terdapat 62 TPS liar yang telah berhasil ditertibkan. Penertiban ini dilakukan atas kerja sama dengan pihak kecamatan, kelurahan, RT/RW, serta warga setempat.

Warga diminta untuk memanfaatkan TPS resmi yang ada dan membuang sampah sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yakni dari pukul 17.00 WIB hingga 05.00 WIB.

"Di Kota Padang, memiliki 141 TPS resmi yang tersebar di 11 kecamatan. Jumlah ini sebenarnya sudah cukup. Oleh karena itu, mari kita buang sampah di TPS resmi sehingga TPS liar tidak lagi menjamur," imbau Syafrizal.

Upaya untuk memberantas TPS liar ini juga dilakukan melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Satpol PP Kota Padang.

Petugas yang diarahkan dalam perda tersebut secara rutin akan menyasar titik-titik rawan TPS liar.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini