Wako Solok Presentasikan Penyelenggaraan Transportasi Perkotaan dalam Penilaian WTN 2024

×

Wako Solok Presentasikan Penyelenggaraan Transportasi Perkotaan dalam Penilaian WTN 2024

Bagikan berita
Wako Solok Presentasikan Penyelenggaraan Transportasi Perkotaan dalam Penilaian WTN 2024 (Foto: Prokomp Kota Solok)
Wako Solok Presentasikan Penyelenggaraan Transportasi Perkotaan dalam Penilaian WTN 2024 (Foto: Prokomp Kota Solok)

KONGKRIT.COM - Wali Kota (Wako) Solok, Zul Elfian Umar, mempresentasikan kondisi penyelenggaraan transportasi perkotaan di Kota Solok dalam rangka penilaian Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024.

Dilansir dari laman Infopublik Solok Kota, kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Jalan H. Benyamin Sueb, Kota Baru Bandar Kemayoran, Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Rabu 26 Juni 2024.

Zul Elfian Umar didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok, Ikhlas, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Solok, Zulkarnaini.

Diketahui, Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada Provinsi, Kabupaten/Kota yang dianggap mampu menata transportasi dan fasilitas publik dengan baik.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 35 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Wahana Tata Nugraha, yang telah diubah dengan PM 47 Tahun 2020, tim penilai akan melakukan penilaian berdasarkan hasil survei lokasi yang dilakukan oleh pihak ketiga yang ditunjuk pada bulan Oktober-November 2024.

Untuk melengkapi data dan informasi hasil survei tersebut, Zul Elfian Umar secara langsung menyampaikan paparan kondisi penyelenggaraan transportasi perkotaan kepada tim penilai.

Tim penilai tersebut terdiri dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Dalam Negeri(Kemendagri), Kementerian PUPR (KemenPUPR), Korps Lalu Lintas Polri, akademisi, dan pengamat transportasi yang telah ditetapkan.

Khusus di Provinsi Sumatera Barat, hanya terdapat lima daerah yang masuk nominasi dan melakukan presentasi untuk meraih Wahana Tata Nugraha 2024.

Daerah-daerah tersebut adalah Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Tanah Datar.

Dalam presentasinya, Zul Elfian Umar memaparkan secara rinci lima bidang utama, yaitu Bidang Lalu Lintas, Bidang Angkutan Jalan, Bidang Sarana Transportasi Darat, Bidang Prasarana Transportasi Darat, dan Bidang Umum.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini