Ikuti Evaluasi Implementasi Smart City bersama Kemenkominfo RI, Pemkab Solok Paparkan Capaian Tahun 2024

×

Ikuti Evaluasi Implementasi Smart City bersama Kemenkominfo RI, Pemkab Solok Paparkan Capaian Tahun 2024

Bagikan berita
Ikuti Evaluasi Implementasi Smart City bersama Kemenkominfo RI, Pemkab Solok Paparkan Capaian Tahun 2024
Ikuti Evaluasi Implementasi Smart City bersama Kemenkominfo RI, Pemkab Solok Paparkan Capaian Tahun 2024

1. Smart Governance

  • SISFO IZIN (DPMPTSP dan Naker): Aplikasi web untuk perizinan non-usaha dan non-perizinan yang mempermudah masyarakat mengurus izin tanpa harus datang langsung ke PTSP. Pengguna hanya perlu mendaftar hak akses dan mengunggah dokumen persyaratan, serta akan menerima notifikasi via WhatsApp saat izin telah diterbitkan.
  • PAK ALIPUR (Disdukcapil): Program percepatan kepemilikan dokumen kependudukan dengan pelayanan paket akta kelahiran yang dapat dibawa pulang tanpa perlu diurus sendiri.
  • SEMAKIN SEDAP (Disdukcapil): Program yang memastikan setelah menikah, semua dokumen kependudukan dapat diselesaikan dengan cepat.
  • KAK TIKA (Disdukcapil): Layanan penyediaan KK dan Akta Cerai yang siap seketika.
  • SIJARLA (Disdukcapil): Pelayanan dengan sistem jemput bola menggunakan bus keliling untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
  • PREDATOR (Disdukcapil): Perekaman KTP-EL dengan sepeda motor untuk mempermudah akses bagi warga.

2. Smart Branding

JSNI (Jendela Solok Nan Indah): Aplikasi dan media yang menyediakan informasi pariwisata daerah Kabupaten Solok, dimanfaatkan oleh wisatawan dan stakeholder terkait. Aplikasi ini tersedia sejak tahun 2019 dan kini hadir dalam versi Android.

3. Smart Economy

  • KUKEMAS: Program yang memberikan pelayanan dan fasilitasi desain serta kemasan produk bagi pelaku usaha sebelum produk diluncurkan ke pasar, secara gratis.
  • JUABALI (juabali.solokkab.go.id): Website marketplace bagi pelaku usaha UMKM di Kabupaten Solok.
  • PASAR TANI: Pasar mini yang diadakan setiap hari Jumat oleh Dinas Pertanian Kabupaten Solok untuk memberikan peluang pasar bagi petani.

4. Smart Living

  • WISI (Wisuda Imunisasi): Program Puskesmas Batubajanjang yang mendapatkan penghargaan TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tahun 2021 dari MENPAN RB. Program ini mengadakan seremonial wisuda bagi anak yang telah menyelesaikan imunisasi lengkap.
  • UJIMOTO: Sistem untuk merekam dan memantau proses pengujian kendaraan bermotor yang terintegrasi dengan Aplikasi Penerbitan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) Kementerian Perhubungan dan Sistem Pembayaran Bank Nagari (BPD Sumatera Barat).

5. Smart Society

  • PUSTAKA BERGILIR: Program yang menyediakan buku secara bergilir kepada masyarakat, diantarkan langsung oleh kader pustaka Nagari Saok Laweh ke rumah-rumah untuk meningkatkan minat baca masyarakat.
  • ISOLOKKAB: Aplikasi perpustakaan digital dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok yang berbasis media sosial dan dilengkapi dengan eReader. Pengguna dapat terhubung dan berinteraksi, memberikan rekomendasi, serta ulasan buku. Buku dapat dibaca secara online maupun offline.

6. Smart Environment

BANK SAMPAH: Program untuk mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. Dari sisi budaya, program ini mengurangi timbulan sampah rumah tangga, dan dari sisi ekonomi, memberikan kontribusi untuk pembayaran iuran sampah bulanan.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini