Pj Wali Kota Padang Apresiasi Pembentukan Rumah Singgah Griya Abhipraya

×

Pj Wali Kota Padang Apresiasi Pembentukan Rumah Singgah Griya Abhipraya

Bagikan berita
Pj Wali Kota Padang Apresiasi Pembentukan Rumah Singgah Griya Abhipraya
Pj Wali Kota Padang Apresiasi Pembentukan Rumah Singgah Griya Abhipraya

KONGKRIT.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, memberikan apresiasi terhadap terlaksananya Rapat Koordinasi Pembentukan Rumah Singgah Griya Abhipraya Wilayah Sumatera Barat, yang digelar di salah satu hotel di Padang pada Kamis, 20 Juni 2024.

Menurut Andree, pembentukan Rumah Singgah Griya Abhipraya merupakan langkah nyata dalam mendukung gerakan nasional melalui program yang diinisiasi oleh Kementerian Hukum dan HAM.

"Kami mengapresiasi kerja sama ini sebagai fondasi untuk memperkuat sinergi dalam mendukung percepatan pelayanan publik yang prima," ungkapnya.

Pj Wali Kota juga menyampaikan bahwa pengelolaan Griya Abhipraya akan mengintegrasikan potensi dan sumber daya untuk mendukung penerapan keadilan restoratif, memberikan pembimbingan kepada klien pemasyarakatan, perlindungan anak, kegiatan sosial, pemberdayaan, serta program kesehatan bagi klien pemasyarakatan.

"Kerja sama ini meliputi pengurusan jaminan kesehatan sosial, asistensi reintegrasi sosial, pelatihan kerja, pengurusan dokumen kependudukan, dan konseling keluarga melalui Pusat Pembelajaran Keluarga, yang melibatkan OPD terkait di Kota Padang," tambahnya.

Andree juga menekankan bahwa kolaborasi dengan OPD telah terbukti meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

Ia berharap kerja sama ini dapat ditindaklanjuti dengan baik oleh Kementerian Hukum dan HAM serta pihak terkait lainnya untuk membangun Kota Padang yang lebih baik dan kompetitif.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pembimbingan Kemasyarakatan dan Upaya Keadilan Restoratif Pemasyarakatan, Pujo Harinto, berharap rapat koordinasi ini dapat meningkatkan kolaborasi antara Bapas, Pemerintah Daerah, Pokmas, dan stakeholder lainnya dalam mendukung keberhasilan implementasi keadilan restoratif di Sumatera Barat.

"Sangat kami hargai langkah besar ini dan terima kasih atas dukungan penuh dari Pemko Padang. Dukungan ini krusial untuk memastikan keberhasilan implementasi keadilan restoratif di wilayah Sumbar," ucap Pujo Harinto.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, Amrizal, menjelaskan bahwa Rumah Singgah Griya Abhipraya bertujuan mendukung reintegrasi sosial bagi klien pemasyarakatan dan mempersiapkan mereka untuk kembali ke masyarakat setelah masa pidana.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini