Jelang Idul Adha 1445 H, Pemko Pariaman Telah Periksa Kesehatan 800 Ekor Sapi Kurban

×

Jelang Idul Adha 1445 H, Pemko Pariaman Telah Periksa Kesehatan 800 Ekor Sapi Kurban

Bagikan berita
Jelang Idul Adha 1445 H, Pemko Pariaman Telah Periksa Kesehatan terhadap 800 Ekor Sapi Kurban
Jelang Idul Adha 1445 H, Pemko Pariaman Telah Periksa Kesehatan terhadap 800 Ekor Sapi Kurban

KONGKRIT.COM - Menyambut Hari Raya Idul Adha 2024/1445 H, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman melalui Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (PPP) Kota Pariaman telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban se-Kota Pariaman.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas PPP Kota Pariaman, Marini Jamal, mengatakan bahwa sekitar 800 ekor sapi jantan telah disiapkan untuk Idul Adha Senin depan.

"Pemeriksaan terhadap hewan kurban telah dilakukan oleh tim paramedik untuk memastikan bahwa hewan-hewan tersebut dalam keadaan sehat dan layak untuk dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1445 H mendatang," ujar Marini pada Kamis, 13 Juni 2024.

Ia menambahkan, bahwa Dinas PPP Kota Pariaman mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sejak 27 Mei hingga 7 Juni 2024 untuk menjamin kelayakan hewan kurban.

"Menjelang Idul Adha, pemeriksaan kelayakan dilakukan secara rutin. Kami selalu melakukan pengecekan kesehatan hewan bersama tim dan menempelkan tag di telinga sapi untuk menandai kelayakan hewan tersebut," jelasnya.

Marini juga menjelaskan bahwa pemeriksaan mencakup pemeriksaan kesehatan fisik calon sapi kurban, termasuk penentuan umur ternak dan sosialisasi tentang kesehatan hewan.

"Selain itu, kami memberikan vitamin kepada calon sapi kurban, memasang label hewan layak sembelih, dan menerbitkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan untuk 800 ekor sapi jantan yang akan dijadikan kurban," tambahnya.

Terkait penyakit mulut dan kuku (PMK), Marini menyatakan bahwa pada tahun 2024 belum ada laporan hewan yang terjangkit, sehingga hewan kurban yang telah diperiksa dinyatakan layak dipotong pada Hari Raya Idul Adha.

"Kami juga mengimbau para peternak agar menjaga kebersihan kandang dan hewan ternak serta memperhatikan pakan yang cukup dan berkualitas, serta memberikan vitamin dan mineral," tutupnya.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini