Pemko Payakumbuh Gelar FGD untuk Capai Visi Indonesia Emas 2045

×

Pemko Payakumbuh Gelar FGD untuk Capai Visi Indonesia Emas 2045

Bagikan berita
Pemko Payakumbuh Gelar FGD untuk Capai Visi Indonesia Emas 2045
Pemko Payakumbuh Gelar FGD untuk Capai Visi Indonesia Emas 2045

KONGKRIT.COM - Dalam rangka menentukan arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Payakumbuh tahun 2025-2045, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bersama tim ahli.

Sebelum pelaksanaan FGD, Tim Ahli Capital Investment Planning (CIP) National Urban Development Project (NUDP) dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Wicaksono Sarosa, telah melakukan kunjungan ke beberapa lokasi di Kota Payakumbuh.

Sejumlah lokasi yang dikunjungi meliputi Pusat Pertokoan, Pasar Ibuh, Taman Batang Agam, Sentra Rendang, Lahan Pertanian, dan beberapa tempat lainnya.

"Kota Payakumbuh ini memiliki banyak potensi yang harus kita eksplorasi," kata Pj. Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, saat FGD di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Senin 10 Juni 2024 malam.

Suprayitno menjelaskan, saat ini Payakumbuh sedang menyusun RPJPD untuk 20 tahun ke depan.

Dengan melibatkan para pakar, ia berharap dapat menghasilkan pembangunan yang berkualitas di Payakumbuh.

"Seperti arahan Bapak Presiden, kota yang baik adalah kota yang ramah terhadap difabel, pejalan kaki, dan masyarakat secara keseluruhan," ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa perencanaan di daerah harus selaras dengan perencanaan nasional tanpa mengabaikan kearifan lokal.

"Harmoni antara pemerintah pusat dan daerah akan membantu mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Sementara itu, Wicaksono Sarosa dari tim CIP NUDP menyatakan banyak potensi yang bisa dikembangkan di Kota Payakumbuh, mulai dari lokasi yang strategis, udara yang sejuk, hingga kuliner yang beragam.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini