Peringatan Harlah Pancasila: Wali Kota Solok Tekankan Pentingnya Memahami dan Mengamalkan Pancasila

×

Peringatan Harlah Pancasila: Wali Kota Solok Tekankan Pentingnya Memahami dan Mengamalkan Pancasila

Bagikan berita
Peringatan Harlah Pancasila Wali Kota Solok Tekankan Pentingnya Memahami dan Mengamalkan Pancasila
Peringatan Harlah Pancasila Wali Kota Solok Tekankan Pentingnya Memahami dan Mengamalkan Pancasila

KONGKRIT.COM - Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024 di halaman Balaikota Solok pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam acara tersebut, Zul Elfian menekankan pentingnya menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Turut hadir berbagai unsur Forkopimda Kota Solok, Sekda Kota Solok, Ketua TP PKK Kota Solok, Ketua LKAAM, KAN, Bundo Kanduang, serta para kepala OPD di lingkup Pemko Solok.

Dalam amanatnya, Zul Elfian menyampaikan sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi.

"Hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, sebuah momen penting ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945," ujarnya.

Tema peringatan tahun ini ialah, "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", menggarisbawahi peran Pancasila dalam menyatukan bangsa dengan berbagai keberagaman menuju 100 tahun Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Zul Elfian juga menekankan pentingnya nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong yang terkandung dalam Pancasila sebagai panduan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong menjadikan Pancasila sebagai bintang penuntun kita menuju kemajuan," kata Zul Elfian.

Selain itu, Zul Elfian juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di setiap aspek kehidupan.

"Pancasila telah mempersatukan kita dalam menghadapi setiap tantangan serta ujian sejarah, ini menjadikan Indonesia masih dapat berdiri kokoh dan tangguh hingga sekarang," tambahnya.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini