KPU Kabupaten Pasaman Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman 2024

×

KPU Kabupaten Pasaman Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman 2024

Bagikan berita
KPU Kabupaten Pasaman Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman 2024
KPU Kabupaten Pasaman Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman 2024

KONGKRIT.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman menggelar acara peluncuran tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Pasaman tahun 2024, bertempat di GOR Tuanku Rao pada Sabtu malam (1/6/2024). Acara ini meriah dengan penampilan artis top Sumatra Barat, Fauzana, serta atraksi seni tradisional tari pacah piring yang menambah kemegahan malam tersebut.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Forkopimda, komisioner KPU Pasaman beserta jajarannya, Bawaslu, camat, kepala OPD, ketua LKAAM, wali nagari se-kabupaten Pasaman, para wartawan, dan ribuan masyarakat yang antusias. Kehadiran masyarakat yang begitu besar menunjukkan minat tinggi terhadap proses pemilihan umum ini.

Bupati Pasaman, Sabar AS, yang berhalangan hadir, diwakili oleh Sekda Kabupaten Pasaman, Yasri Uripsyah. Dalam pidatonya, Yasri menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Pasaman atas peluncuran tahapan pemilihan ini.

"Pemilihan kepala daerah adalah sarana kedaulatan rakyat yang harus dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, dan rahasia," ujarnya.

Yasri menjelaskan bahwa tahapan pemilihan ini terdiri dari dua tahap: persiapan dan penyelenggaraan. Untuk mendukung proses ini, Pemda Pasaman telah mengalokasikan dana sebesar 39 miliar rupiah dari APBD kabupaten dan provinsi.

"Kami berharap penyelenggaraan pemilihan umum ini dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tambahnya.

Ketua KPU Pasaman, Taufik, juga menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder yang berpartisipasi. Ia berharap hak masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pilihannya dapat tersalurkan dengan baik, sehingga menghasilkan pemimpin terbaik pilihan rakyat.

Komisioner KPU Provinsi Sumatra Barat, Jons Manedi, dalam pidatonya menyoroti banyaknya tokoh nasional yang berasal dari Pasaman, seperti Imam Bonjol dan Tuanku Rao. Ia mengapresiasi antusiasme masyarakat Pasaman dalam menyukseskan peluncuran tahapan pemilihan ini. Jons juga menekankan pentingnya pengawasan dari Bawaslu, ormas, dan LSM untuk memastikan Pilkada yang bermartabat.

Acara peluncuran ini menjadi momentum penting bagi masyarakat Pasaman dalam menyongsong Pilkada serentak nasional tahun 2024. Semua pihak diajak untuk bersama-sama mensukseskan pemilihan ini demi kemajuan dan demokrasi yang lebih baik.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini