Dipimpin Bupati Sabar AS, Kabupaten Pasaman Kembali Terima Penghargaan Opini WTP dari BPK

×

Dipimpin Bupati Sabar AS, Kabupaten Pasaman Kembali Terima Penghargaan Opini WTP dari BPK

Bagikan berita
Dipimpin Bupati Sabar AS, Kabupaten Pasaman Kembali Terima Penghargaan Opini WTP dari BPK
Dipimpin Bupati Sabar AS, Kabupaten Pasaman Kembali Terima Penghargaan Opini WTP dari BPK

KONGKRIT.COM - Kabupaten Pasaman kembali menerima penghargaan predikat opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Kepala BPK (Badan Pemeriksan Keuangan ) Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat Arif Agus, yang diterima langsung oleh Bupati Pasaman Sabar AS di Kantor BPK Perwakilan Sumbar, Jumat (17/5).

Prestasi pengelolaan keuangan yang diterima Pemerintah Kabupaten Pasaman tersebut merupakan yang ke 11 kalinya dari BPK RI.

Dalam sambutanya Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Arif Agus mengatakan, pola pemeriksaan mengacu pada kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, serta kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Pada hari ini kami sampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD kepada DPRD dan Bupati, untuk selanjutnya diajukan sebagai rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban APBD, sebagaimana diatur dalam ayat (1) pasal 31 UU Nomor 17 Tahun 2003," katanya.

Menurutnya, berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Pasaman, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah tersebut, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah kabupaten Pasaman,

Sementara itu, Bupati Pasaman Sabar AS menjelaskan bahwa predikat opini WTP yang diraih pemerintah daerah merupakan bentuk pertanggung jawaban atas pengelolaan keuangan negara. Atas capaian ini, ia mengapresiasi seluruh kepala OPD beserta jajarannya. Karena berkat kerja keras semua pihak, Pemkab Pasaman berhasil mempertahankan opini WTP sebanyak 11 kali berturut-turut sejak tahun 2013 lalu hingga 2024.

"Untuk mempertahankan capaian opini WTP dari BPK bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan konsistensi, kebersamaan, tata kelola keuangan yang baik, serta kesungguhan untuk mengikuti aturan-aturan yang berlaku," ungkap Sabar.

Ketua DPRD Pasaman diwakili Wakil Ketua II, Yasri mengapresiasi atas prestasi kinerja Pemerintah Kabupaten Pasaman di bawah kepemimpinan Sabar AS.

Yasri atau akrab dipanggil Udo menyatakan bahwa beliau sudah ke 8 kali mengambil penghargaan WTP ini, 7 kali sebagai Ketua DPRD dan 1 kali sebagai Wakil Ketua.

Pada kesempatan yang sama, Amdarisman kepala Inspektorat Kabupaten Pasaman mengatakan, dalam penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di BPK Perwakilan Sumbar di Padang hari ini, Pasaman kembali menerima WTP dan ini yang kesebelas kalinya, luar biasa, semoga kinerja Pemda Pasaman kedepan lebih baik dan masyarakat makin sejahtera. Hal ini adalah bukti kesolidan dan kerjasama semua pihak, lembaga dan OPD.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini