Optimisme Menteri PUPR, Pembangunan Tol IKN Menuju Penyelesaian dan Difungsikan Jelang HUT RI ke- 79

×

Optimisme Menteri PUPR, Pembangunan Tol IKN Menuju Penyelesaian dan Difungsikan Jelang HUT RI ke- 79

Bagikan berita
Ruas Tol Akses KIPP IKN 3B
Ruas Tol Akses KIPP IKN 3B

KONGKRIT.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyatakan optimisme terhadap kemajuan pembangunan Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap pertama yang memiliki panjang sekitar 27 kilometer, dengan target selesai pada bulan Juli 2024. Dia berharap tol tersebut dapat difungsikan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 pada tanggal 17 Agustus 2024.

Menurut Basuki, Jalan Tol IKN akan dimulai dari Kariangau hingga Jembatan Pulau Balang. Dia menekankan bahwa minimal satu arah dari Kariangau ke Pulang Balang akan dioptimalkan dengan tiga lajur.

Pembangunan saat ini sedang berlangsung pada tiga seksi, yaitu Seksi 3A dari Karangjoang menuju KKT Kariangau dengan panjang 13,4 kilometer yang fokus pada penyelesaian Jembatan Sungai Wain. Kemudian Seksi 3B dari KKT Kariangau menuju Simpang Tempadung sepanjang 7,3 kilometer, dan Seksi 5A dari Simpang Tempadung menuju Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 kilometer. Sebagian dari seksi-seksi tersebut telah diaspal.

Tujuan dari pembangunan tol ini adalah untuk mengurangi waktu tempuh dari Balikpapan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari semula 2 jam menjadi hanya 45 menit. Tol ini juga mengusung konsep kota hutan dan kota pintar, dengan penanaman pohon-pohon endemik Kalimantan di sepanjang sisi jalan.

Selain itu, ada pekerjaan duplikasi dan beautifikasi yang dilakukan pada Jembatan Pulau Balang sejak September 2022. Peningkatan ini mencakup pengecatan struktur, instalasi Structural Health Monitoring System (SHMS), armor blok beton, taman lanskap di area gedung Pusat Informasi Jembatan (PIJ), playground, ruko, toilet umum, masjid, pos jaga, floating dock, solar panel, dan amphiteater.

Editor : Herawati Elnur
Sumber : Kementerian PUPR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini