Apa Jadinya Kalau Indonesia Tidak Pernah Dijajah?

×

Apa Jadinya Kalau Indonesia Tidak Pernah Dijajah?

Bagikan berita
Apa Jadinya Kalau Indonesia Tidak Pernah Dijajah? (Foto : Dok. Istimewa)
Apa Jadinya Kalau Indonesia Tidak Pernah Dijajah? (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM -Sejarah Indonesia selalu menyuguhkan kisah yang penuh warna, dimulai dari kedatangan Portugis hingga hari kemerdekaan yang kita nikmati sekarang.

Tetapi, mari kita selami bagaimana Indonesia akan terlihat jika tak pernah disentuh oleh jejak penjajahan.

Bagaimana perjalanan sejarah tanpa adanya pengaruh dari penguasa asing?

Tanpa campur tangan penjajahan, wilayah Indonesia kemungkinan besar akan dihuni oleh kerajaan-kerajaan yang tersebar di seluruh Nusantara.

Nama "Indonesia" dan lambang-lambang nasional seperti bendera Merah Putih, Bahasa Indonesia, mata uang Rupiah, dan Garuda Pancasila mungkin takkan pernah mencuat.

Sejarah mencatat bahwa peradaban muncul di Nusantara ribuan tahun yang lalu, membentuk kerajaan-kerajaan yang saling berinteraksi.

Jika Belanda dan penjajah lainnya tak pernah datang, mungkin kerajaan-kerajaan ini akan terus berdiri hingga saat ini, menciptakan negara-negara modern dengan keberagaman budaya yang kental.

Kerajaan-kerajaan seperti Mataram di Jawa, Sultan Goa di Sulawesi, Kesultanan Siak Sri Indrapura di Sumatra, dan Kesultanan Sambas di Kalimantan mungkin masih menjadi kekuatan di Nusantara.

Masyarakat tak akan repot membawa paspor untuk mengunjungi pulau tetangga karena sejarah dan budaya bersama akan menjadi perekat yang kuat.

Namun, tentu saja, ini hanyalah spekulasi. Kehadiran penjajah, seperti Belanda, membawa dampak besar pada ekonomi global, menciptakan perusahaan dagang raksasa yang mengubah dinamika dunia.

Editor : Fiyume
Sumber : Kok Bisa?
Bagikan

Berita Terkait
Terkini