Di Gunung Bromo, Bunga Abadi Ini Malah Dijual Murah, Loh Kok?

×

Di Gunung Bromo, Bunga Abadi Ini Malah Dijual Murah, Loh Kok?

Bagikan berita
Di Gunung Bromo, Bunga Abadi Ini Malah Dijual Murah, Loh Kok? (Foto : Dok. Istimewa)
Di Gunung Bromo, Bunga Abadi Ini Malah Dijual Murah, Loh Kok? (Foto : Dok. Istimewa)

BB TNBTS berhasil mengidentifikasi tiga jenis edelweis, dan pada tahun 2014, mereka berhasil membudidayakan edelweis dari bibit yang dikumpulkan di Resort PTN Tengger Laut Pasir.

Pada tahun 2015, bibit edelweis ditanam dalam bentuk Taman Edukasi Edelweis di beberapa sekolah di kawasan penyangga Resort PTN Tengger Laut Pasir.

Konsep Desa Edelweis

Tahun 2017, BB TNBTS mencanangkan konsep Desa Edelweis di beberapa wilayah di sekitar TNBTS.

Konsep ini bertujuan untuk menjembatani konservasi edelweis, melestarikan budaya masyarakat Tengger, dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa penyangga TNBTS.

Perlindungan Hukum

Meski bunga edelweis di Indonesia dilindungi karena pertumbuhannya yang terbatas, beberapa kasus pelanggaran terkait pemetaan edelweis masih terjadi.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 memberikan sanksi pidana bagi pelanggar, mulai dari pidana penjara hingga denda.

Sebuah contoh kasus pada 2021 menggambarkan sepasang kekasih yang dikenai sanksi larangan mendaki selama dua tahun setelah memetik edelweis di Gunung Rinjani.

Kontroversi penjualan edelweis di Bromo memunculkan perdebatan antara perlindungan alam dan upaya konservasi dengan kebutuhan ekonomi masyarakat setempat.

Meskipun budidaya edelweis di Bromo telah dilakukan dengan tujuan positif, penting untuk memastikan bahwa praktik tersebut tetap dalam batas-batas yang tidak merugikan lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Upaya konservasi dan edukasi menjadi kunci untuk mempertahankan keindahan dan keberlanjutan ekosistem edelweis di Indonesia.

Editor : Fiyume
Sumber : Dilansir dari Berbagai Sumber
Bagikan

Berita Terkait
Terkini