Cara Hitung Cicilan Pinjaman KUR Bank BRI 2024 Tanpa Harus Lihat Tabel Angsuran

×

Cara Hitung Cicilan Pinjaman KUR Bank BRI 2024 Tanpa Harus Lihat Tabel Angsuran

Bagikan berita
Ilustrasi Pinjaman KUR Bank BRI
Ilustrasi Pinjaman KUR Bank BRI

Aggap saja kamu memilih pinjaman dengan nominal Rp10 juta yang akan kamu ajukan ke Bank BRI dengan telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Selanjutnya, kamu harus menentukan tenor atau berapa lama waktu untuk kamu melunasi hutang pinjaman KUR di Bank BRI tersebut. Untuk tenor pinjaman ini biasanya mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun.

Anggap saja kamu akan membayarkannya selama 1 tahun dengan nominal pinjaman Rp10 juta tersebut dan kamu bisa menghitungnya dengan cara berikut ini.

Nominal pinjaman sebesar Rp10 juta langsung dibagi 12 sesuai dengan tenor pinjaman yang telah ditentukan sebelumnya dalam simulasi di atas.

Hasilnya dari pembagian tersebut adalah Rp833.333. Setelah itu, kita akan menghitung bunga yang akan dibayarkan dalam pinjaman tersebut.

Untuk bunga bagi nasabah baru ditetapkan sebesar 6 persen dan jika dibagi 12 bulan adalah sebesar 0,5 persen bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Pinjaman sebesar Rp10 juta akan dibagi dengan bunga sebesar 0,5 persen yang sudah dihitung bunga per bulan. Hasilnya adalah sebesar Rp50 ribu.

Hasil tersebut dibagikan dengan hasil pembagian sebelumnya yaitu Rp833.333 ditambah dengan Rp50 ribu, hasilnya adalah sebesar Rp883.333.

Perhitungan ini biasanya akan berada di bawah hitungan pihak Bank BRI. Karena, untuk bunga sebesar 6 persen yang ditetapkan tersebut biasanya hanya sebesar 5,9 persen saja dan digenapkan menjadi 6 persen.

Itulah ulasan tentang cara menghitung cicilan pinjaman KUR di Bank BRI pada tahun 2024 ini yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat. (RC009)

Editor : RC 009
Bagikan

Berita Terkait
Terkini