Mau Kerja di Notaris/PPAT? Ternyata Segini Loh Gajinya, Dapat Uang Makan dan Transportasi

×

Mau Kerja di Notaris/PPAT? Ternyata Segini Loh Gajinya, Dapat Uang Makan dan Transportasi

Bagikan berita
Ilustrasi kerja di Notaris.
Ilustrasi kerja di Notaris.

"Gaji di Notaris ini juga tergantung si Notaris-nya karena kantor tersebut independen atau berdiri sendiri. Jadi penghasilan mereka murni karena jasanya," katanya.

Maka dari itu, sambung Christin, bekerja d Notaris ini digaji berdasarkan pendapatan perusahaannya. Jika penghasilan banyak otomatis target pekerjaan banyak seiring dengan gaji yang diterima.

"Kalau pendapatan Notaris tidak terlalu banyak otomatis berdampak ke gaji karyawan. Jadi kita gak bisa patokin gaji di Notaris harus gede, gak bisa gitu, menang ada yang digaji besar tapi itu sesuai dengan kinerja dan pendapatan di Notaris," katanya.

Sementara terkait jenjang karis di Notaris, sebut Christin, tidak sama dengan PNS. Kalau abdi negara sesuai dengan golongan semakin lama akan semakin naik golongannya.

"Tapi kalau di Notaris jika Anda menjadi staf bakal jadi staf saja terus tidak bisa menjadi seorang Notaris. Kalau mau jadi Notaris bisa tapi harus kuliah lagi dan buka kantor sendiri. Jabatan paling tinggi cuma Asisten Notaris tapi tidak semua kantor punya asisten," katanya. (*)

Editor : RC 008
Sumber : YouTube Christin Sasauw
Bagikan

Berita Terkait
Terkini