Agar Anak Memilih Jajanan Sehat, Terapkan Tips Ini pada si Kecil Yuk

Jangankan anak-anak, orang dewasa juga sangat suka dengan jajanan. Terkadang meski anak sudah membawa bekal makan siang dari rumah buat di sekolah, tapi padatnya aktivitas kerap bikin si kecil membutuhkan cemilan buat memenuhi asupan energi dan kalori untuk kembali beraktivitas. Camilan yang berupa jajanan seringkali menjadi pilihan si kecil. Tapi perlu diingat, jajanannya pun harus sehat, bergizi, dan bernutrisi pula supaya tumbuh kembang anak optimal.

Disinilah pentingnya peran ibu untuk mengedukasi anak mengenai makanan sehat agar anak tidak salah pilih makanan. Di artikel berikut ada tips yang bisa kamu ajarkan pada si kecil biar ia dapat lebih cermat memilih jajanan sehat.

Pilih Tempat Jajan yang Bersih

Sumber : pinterest.com

Mom’s, penting sekali mengajarkan anak untuk lebih memperhatikan kebersihan pada tempat jajan serta kondisi sekitarnya. Seperti tidak dekat dengan saluran air atau tempat sampah dan pastikan makanan yang dijual pedagang tidak dihinggapi oleh serangga. Dengan mengajarkan anak memilih tempat jajan yang bersih, besar kemungkinan si kecil bisa mendapatkan jajanan yang bersih dan sehat pula. Sehingga kamu gak perlu khawatir jika si kecil memakan jajanan yang tidak sehat.

Baca Juga :  Iwan Dylaga : Takdir Tak Bisa Dilawan Jika Sang ILLAHI Sudah Berkehendak

Hati-Hati pada Jajanan dengan Warna Mencolok

Sumber: pinterest.com

Kini banyak beredar makanan yang menggunakan pewarna yang bukan disarankan untuk makanan dan berbahaya buat kesehatan manusia. Biasanya makanan dengan warna mencolok menjadi salah satu tanda bahwa itu bukanlah pewarna alami, melainkan pakai pewarna berbahaya seperti pewarna tekstil. So, waspadalah pada jajanan yang punya warna mencolok, dan beri penjelasan pada si kecil tentang bahayanya makanan dengan warna buatan.

Hindari Makanan yang Diberi Bungkusan Koran atau Kertas Bekas

Sumber: pinterest.com

Seringkali para pedagang memakai koran atau kertas bekas buat membungkus makanan supaya lebih menguntungkan. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya, tentunya karena kotor dan kandungan timbal yang ada di koran bekas bisa berpindah ke jajanan yang dibungkus. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menyiapkan wadah makanan khusus yang aman di dalam tas anak kamu buat tempat jajanannya. Jika sudah begini, kamu pastinya bisa lebih tenang terhadap jajanan yang dimakan oleh si kecil.

Baca Juga :  Virus Corona Vs Sistem Kekebalan Tubuh

Pilih Jajanan yang Ditutup Rapat

Sumber: pinterest.com

Banyak sekali jajanan yang dijual di tempat terbuka dan kerap kali tidak diberikan pelindung oleh penjualnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengajari anak buat menghindari jajanan yang dijual dengan tempat terbuka atau tidak dilindungi oleh penutup. Makanan yang dijual secara terbuka, sudah jelas bahwa keamanan dan kebersihan makanannya tidak terjamin. Sebab sudah terkontaminasi dengan debu, asap kendaraan, polusi, hingga serangga yang hinggap di jajanan.

Berikan Cemilan Sehat

Sumber: pinterest.com

Selain menyiapkan bekal makan siang, ada baiknya kamu juga memberikan si kecil cemilan sehat. Tujuannya agar si kecil tidak jajan sembarangan saat berada di sekolah. Kamu bisa menyiapkan cemilan berupa potongan buah dan sayur, sereal, jus, biskuit, atau dessert box dengan tambahan potongan buah segar buat si kecil. Dengan memberikan anak cemilan sehat, kamu secara tidak langsung memberikan asupan gizi yang cukup pada anak. Kalau anak sudah terbiasa mengkonsumsi makanan sehat, dia pastinya tidak akan gampang tergoda buat jajan sembarangan nantinya.

Baca Juga :  Kedudukan Harta Pusaka Tinggi di Minangkabau

Itu dia sejumlah tips yang perlu kamu terapkan pada si kecil agar ia bisa lebih pintar dalam memilih jajanan yang sehat. Semoga bisa membantu ya, mom’s!

Komentar